Kamis, 10 September 2009

Project Management



Dalam ERP, terbagi menjadi beberapa module sistem yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Nah, Project Management (PM) adalah salah satu dari module ERP itu sendiri. Memang perkembangan ilmu pengetahuan tentang module ini tidak lah sepesat module-module ERP yang lain. Seperti Manufacturing, Sales and Distribution (SD), Finance and Accounting (FICO), Material Management (MM), Human Resources (HR). Oleh karena itu, module ERP ini sangat lah penting untuk dipelajari. Karena mengingat sedikit nya para consultant PM sendiri yang mendalami tentang module ERP ini. Dengan begitu, demand dari PM consultant meningkat.

PENGERTIAN

Project management (PM) adalah bagian dari proses logistik di dalam suatu tools ERP dan dalam prosesnya erat hubungannya dengan proses MM (Material Management).

Dalam pengertian secara umum, Project Management (PM) adalah sebuah kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan.

Setelah menyimak penjelasan mengenai PM diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar PM maka otomatis belajar 40% MM termasuk Inventory. Selain itu PM juga berhubungan dengan HR, SD, FICO, QM dan PS (Project) mungkin masing-masing sekitar 20%, seorang PM Consultant sejati maka akan menguasai paling tidak 20 – 40% pengetahuan di module2 tsb, sehingga kalau kita akan berpindah ke consultant utk module lain, tidak lah sukar. Dalam perkembangan menggunakan tools ERP yang paling populer di dunia yaitu SAP, akhir-akhir ini PM Module adalah bagian dari PLM/ALM (Product Lifecycle Management / Asset Lifecycle Management) yang saat ini demand nya cukup tinggi di USA. Contoh client yang menggunakan PM secara besar-besaran adalah: US Navy (NAVSEA command), US Army logistics, American Airlines. Di Indonesia setau saya (koreksi kalau salah), Krakatau Steel, Amoco Mitsui, Garuda Indonesia,

LIST OF PROJECT MANAGEMENT ERP MODULE

1. Deliver Timely

2. Detailed visibility of resource availability,

3. Procurement commitments, production and field service operations

4. Actual Budget Comparison

5. Data Processing

Setiap list PM diatas, memiliki penjelasan dan contoh-contoh kasus tersendiri yang dapat menjelaskan lebih detail nya dari Project Management ERP module.

FUNGSI MANAGEMENT PROJECT

1. Memastikan proyek yang dilaksanakan dapat dicapai sesuai waktu dan estimasi anggaran.

2. Menyusun reguirement definition dan rancangan solusi yang akan dikembangkan.

3. Mendeteksi semua faktor dari sisi waktu, biaya, peratalan, SDM, resiko, hingga kualitas dari hasil.

3 komentar:

  1. sebuah kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan.kegiatan sumber daya disini apa artinya?apakah sumber daya manusia or alam?lebih dijelaskan karena tidak menjawab pertanyaan diskusi kemaren siapa yang menentukan harga penjualan?

    BalasHapus
  2. menurut saya,
    maksud sumber daya disini meliputi setiap aspek yang dimiliki oleh perusahaan dan terlibat dalam kegiatan-kegiatannya. Sumber daya bisa meliputi manusia(pekerja), material(bahan baku),peralatan,dll.Yang kemudian diatur atau dibawahi oleh PM, agar kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik.

    untuk menentukan harga jual, PM yang terlibat didalamnya berdasarkan pada laporan kerja setiap bagian departemen dalam perusahaan. Karena fungsi PM adalah mendeteksi semua faktor dari waktu, biaya, peralatan,SDM, resiko, dan kualitas hasil.

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat menarik sekali. Saya bekerja dibidang project management, selama ini menggunakan software primavera untuk kontrol schedule-cost, terpisah dari sistem procurement dan akutansi perusahaan. Sehingga setiap kali ada kebutuhan resource, harus melakukan dua kali input data yang sama pada ERP procurement untuk request purchasing dan primavera untuk update status. Begitu pula setiap menerima laporan transaksi dari akunting atas purchasing tersebut, data dari akunting harus di input ulang ke primavera.

    Info yg saya baca untuk module project management di ERP SAP, kompatibel dan dapat menerima impor dari Pimavera/Ms. Project. Mohon informasinya apakah ERP SAP module project management ini terintegrasi dengan module MM, HR, dan FICO? Sehingga setiap update yang dilakukan oleh user pd MM, HR, dan FICO, juga otomatis akan meng-update report pd ERP PM, dan sebaliknya?

    Terima kasih atas bantuannya. :)

    BalasHapus